Begini Cara Benar Mengompres Anak yang Demam
Kesehatan

Begini Cara Benar Mengompres Anak yang Demam

By Nuning Dwi Puspa 19 Januari 2016 22:44

Saat demam atau suhu badan anak tinggi, orangtua sering kali mengompres bagian tubuh anak dengan harapan panas tubuh akan turun. Akan tetapi, harapan itu akan sia-sia jika kompres dilakukan dengan cara yang salah. Dokter Spesialis Anak Mulya Rahma Karyanti mengatakan, sering kali orangtua salah kaprah dengan hal ini. Karyanti mengingatkan, ketika anak demam jangan kompres dengan air dingin. Kompreslah dengan air hangat.
"Es malah meningkatkan suhu tubuh," ujar Karyanti saat ditemui di Balai Kota Jakarta beberapa waktu lalu. Kompres air hangat dapat membuka pori-pori, sehingga panas pada tubuh bisa keluar melalui pori-pori tersebut. Kompres dapat dilakukan selama sekitar 15 menit. Kompres juga tidak
efektif jika diletakkan pada kening maupun kepala anak. Kompres yang benar, yaitu diletakkan pada daerah lipatan seperti ketiak dan daerah paha.

"Kepala kurang efektif karena terhalang tulang tengkorak. Jadi yang efektif di lipatan-lipatan pembuluh darah besar. Di situ pembuluh darah lewat terjadi penguapan. Tujuannya, agar panas keluar lewat pori-pori tubuh," terang Ketua Divisi Infeksi dan Pediatri Tropik Departemen Ilmu Kesehatan FKUI ini. Kesalahan lain yang sering terjadi adalah menyelimuti anak yang menggigil saat demam. Padahal, menggigil saat demam berbeda dengan menggigil karena kedinginan. Karyanti mengungkapkan, tindakan itu justru akan meningkatkan suhu tubuh anak. Jika suhu tubuh makin meningkat, anak bisa mengalami kejang-kejang hingga hilang kesadaran.
"Pakai baju tipis saja, lengan pendek sehingga kalau demam, panasnya keluar lewat pori-pori. Jangan diberi baju berlapis-lapis saat dia menggigil. Malah bisa berbahaya,” imbuhnya.

Untuk menurunkan panas, lanjut Karyanti, berikan anak banyak minum air putih. Obat-obatan penurun panas untuk anak juga dapat diberikan. Jika panas tak kunjung turun, segera bawa ke dokter anak.

(sumber : kompas.com )

Menjadi Manusia Juga Ada Ujiannya
Menjadi Manusia Juga Ada Ujiannya Ta'aruf Cinta 19 Januari 2016 22:13
Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Dzat Yang Maha Kuasa. Dia memiliki buku panduan yang harus dipatuhi supaya tidak mudah rusak, dan supaya apa yang ada di dalam diri dapat dimanfaatkan dengan maksimal
7 Alasan Anak Harus Main di Luar, Bukan Main Gadget
7 Alasan Anak Harus Main di Luar, Bukan Main Gadget Parenting 18 Januari 2016 21:57
Dengan semakin majunya teknologi dan perkembangan jaman, sangat umum kita lihat seorang anak kecil asik bermain gadget, namun seringnya menggunakan gadget justru sangat berbahaya bagi si anak itu sendiri.
Ayam Goreng Krispi
Ayam Goreng Krispi Dapur Cinta 18 Januari 2016 20:52
Momen berharga bersama keluarga bertambah nikmat dengan sajian ayam goreng krispi yang renyahnya tahan lama dengan bumbu-bumbu yang sederhana namun rasanya luar biasa